Kamis, 03 Juni 2010

APRON conveyor

Apron conveyor terdiri dari frame, penggerak, take-up sprocket, apron / slat, travelling roller, feed hopers, dan discharge spout.
apron conveyor digunakan untuk memindahkan berbagai macam muatan curah dan satuan secara horizontal maupun membentuk sudut inklinasi. conveyor ini secara luas digunakan di industri kimia, metalurgi, pertambangan batu bara, industri permesinan, dan banyak industri lainnya.
berbeda dengan belt conveyor, apron conveyor lebih di tujukan untuk memindahkan material berat, bongkah besar, abrasive, dan material panas ( bahan cor, tempa, foundry sand ). Apron conveyor memiliki kapasitas pemindahan besar, yaitu 2000 ton/jam atau lebih karena dilengkapi dengan papan peluncur dan rantai penarikyang kuat.
kekurangan apron conveyor adalah : kontruksi apron dan rantai yg berat, pembutannya rmit, dan berbiaya tinggi, dan perlu perhatian lbih u/ hinged-joint agar bsa berfungsi baik.
geometri apron conveyor tidak jauh berbeda dengan belt conveyor, kecuali bahwa susut inklinasinya dapat mencapai 45 derajat atau lbih, jika apron dilengkapi dengan tranverse cleats atau stop dan transisi dari horizontal keinklinasi dengan radius kecil ( 5 m - 8 m ).

1 komentar: